Wednesday, June 20, 2012

Sunan Gunung Jati, Syarif Hidayatullah Cirebon

Di wilayah jawa barat dikenal salah seorang Wali Songo yang menyebarkan agama Islam yaitu Sunan Gunung Jati atau dikenal juga Syarif Hidayatullah. Ada beberapa versi yang menyatakan kelahiran Syarif Hidayatullah namun 2 versi ini yang dikenal yaitu Sunan Gunung Jati dilahirkan sekitar tahun sekitar 1450 M atau sekitar tahun 1448 M.

Sunan Gunung Jati adalah putra dari Syekh Maulana Akbar (Syarif Abdullah) dari Gujarat, India. Silsilah Syekh Maulana Akbar adalah Syekh Maulana Akbar bin Ahmad Jalal Syah bin Abdullah Khan bin Abdul Malik putra Alwi bin Syekh Muhammad Shahib Mirbath, dikenal sebagai ulama besar di Hadramaut, Yaman.


Yang digaris bawahi tentang Sunan Gunung Jati dari garis ayah adalah bahwa Sunan Gunung Jati keturunan dari daerah Gujarat, India.

Sedangkan silsilah Sunan Gunung Jati dari ibu adalah Syarifah Muda'im dikenal sebagai Nyai Rara Santang, putri dari Prabu Siliwangi dan Nyai Subang Larang, dan memiliki seorang kakak lelaki yang dikenal sebagai Mbah Kuwu Cirebon Girang atau Pangeran Cakrabuwana / Cakrabumi atau Pangeran Walangsungsang atau Kian Santang.

Yang digaris bawahi tentang Sunan Gunung Jati dari garis ibu adalah bahwa Sunan Gunung Jati keturunan dari Kerajaan Sunda, Jawa Barat..

Perlu diingat juga tentang Prabu Siliwangi (kakek dari jalur ibu) Sunan Gunung Jati tentang penyebutan Siliwangi berdasarkan Naskah Wangsakerta :

"Kawalya ta wwang Sunda lawan ika wwang Carbon mwang sakweh ira wwang Jawa Kulwan anyebuta Prabhu Siliwangi raja Pajajaran. Dadyeka dudu ngaran swaraga nira".

(Hanya orang Sunda dan orang Cirebon serta semua orang Jawa Barat yang menyebut Prabu Siliwangi raja Pajajaran. Jadi nama itu bukan nama pribadinya.)

Catatan : Harap dipahami juga bahwa foto/lukisan Sunan Gunung Jati yang ada saat ini adalah hanya sebuah ilustrasi saja, tidak menggambarkan figur dari Sunan Gunung Jati yang sebenarnya.

1 comment:

Mangga komentare kula tampi